menu

Jumat, 02 Juli 2010

Bunga Kredit Bank BUMN Turun Tipis




JAKARTA. Pertumbuhan kredit perbankan hingga paruh pertama tahun ini boleh jadi tinggi. Tetapi, penurunan uku bunga kredit masih jauh dari kata ideal.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), hingga minggu ketiga Juni 2010 suku bunga dasar kredit (SBDK) rupiah hanya turun tipis 4 basis poin (bsp) dari 12,54% ke 12,50%. Sedangkan SBDK valas turun 2 bsp dari 5,39% menjadi 5,37%. Bank swasta menjadi motor penurunan SBDK dengan penurunan 8 bsp.
Namun, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar mengatakan, suku bunga kredit di bank-bank pelat merah sudah luruh di bawah 10% alias satu digit. "Sekarang sudah single digit interest, itu obsesiku," ujar Mustafa, Kamis (1/7). Ia menyebutkan, bunga kredit di PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sudah ada yang turun ke kisaran 8% - 9%. Begitu juga di PT Bank Mandiri Tbk, sudah di bawah 10%.
Kenyataannya, pada 30 Juni lalu SBDK rupiah Bank Mandiri masih di level 11%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) 13%, dan BTN 10,52%. Hanya SBDK rupiah PT Bank BNI Tbk yang di bawah 10%, tepatnya 9,16%. Adapun SBDK valas di Bank Mandiri sebesar 8%, BRI 7%, dan BNI 5,45%.
Sektor tertentu turun
Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan, per 1 Juli 2010 BRI kembali menurunkan suku bunga kreditnya. "Penurunan ini merupakan langkah BRI mendukung harapan pemerintah agar bank menurunkan bunga kredit untuk pertumbuhan sektor riil," katanya. Ali bilang, ini adalah penurunan kelima sejak 2009 untuk suku bunga pinjaman komersial.
BRI menurunkan bunga kredit konsumsi, pinjaman valas, dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBN). Ia menyebutkan, bunga kredit kendaraan bermotor (KKB) mobil turun 0,25% - 1,25%, kredit multiguna turun 2%, pinjaman valas turun sekitar 0,5%, dan SKBN turun 1%. Berdasarkan data BI, per 30 Juni lalu, suku bunga kredit konsumsi (KK) flat di BRI sebesar 9,60% dan suku bunga KK efektif sebesar 17,07%.
Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Sukoriyanto Saputro mengatakan, selama tahun 2009 Bank Mandiri sudah lima kali menurunkan suku bunga kredit. "Total penurunan suku bunga kredit selama 2009 sebesar 2,25%," jelasnya. Tahun ini, penurunan suku bunga kredit Bank Mandiri akan disesuaikan dengan kondisi pasar dan perkembangan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI rate.
Mustafa menyambut baik penurunan bunga kredit di bank-bank BUMN. Ia tidak khawatir hal itu bakal mengurangi laba bank dan akhirnya berimbas pada setoran dividen. "Kalau suku bunga kredit murah, bank bisa lebih ekspansif. Belum tentu dividennya turun," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar