menu

Jumat, 02 Juli 2010

Ekonomi Dunia Diprediksi Pulih pada Pertengahan 2010?

Kalangan bisnis menganggap perkembangan ekonomi dunia termasuk Indonesia tergantung perekonomian Amerika Serikat (AS). Dengan begitu pemulihan pertumbuhan ekonomi AS sebagai kunci pemulihan krisis ekonomi global.



“Saya yakin dengan berbagai program stimulus yang sedang dilaksanakan di seluruh dunia terutama di Amerika diharapkan proses pemulihan dapat segera terjadi, paling lama pertengahan 2010 pemulihan sudah akan terasa, “ kata Hilmi Panigoro, preskom Grup Medco kepada Yohana Novianti H. dari WartaEkonomi lewat surat elektronik pada beberapa waktu lalu.

Bagaimana Anda melihat perkembangan ekonomi global saat ini?

Suka maupun tidak suka perkembangan ekonomi dunia saat ini masih sangat tergantung pada ekonomi Amerika Serikat, jadi pemulihan pertumbuhan ekonomi di Amerika menurut saya adalah kunci dari pemulihan krisis ekonomi global.

Saya yakin dengan berbagai program stimulus yang sedang di laksanakan di seluruh dunia terutama di Amerika diharapkan proses pemulihan dapat segera terjadi, pertanyaannya adalah berapa lama? Saya pikir paling lama pertengahan 2010 pemulihan sudah akan terasa.

Seberapa besar krisis berpengaruh terhadap kinerja Medco?

Paling tidak ada dua hal yang secara langsung mempengaruhi kinerja medco, pertama penurunan harga minyak dari 140 $/bbl menjadi sekitar 50an $/bbl, namun demikian karena ongkos produksi minyak medco relative rendah, sekitar US$ 8 /bbl maka margin yang kami dapat masih cukup baik, sekitar 80%an. Yang kedua adalah ketatnya likuiditas perbankan terutama mata uang asing yang dampaknya adalah berkurangnya kemampuan kita untuk ekspansi usaha, termasuk eksplorasi dan pembangunan fasilitas2 produksi yang baru, terutama yang memerlukan capital expenditure yang besar.

Sampai saat ini kami belum harus menjadwalkan kembali proyek-proyek utama kami yang besar dalam lima tahun yang akan datang, akan tetapi apabila krisis ini berkepanjangan maka kita tidak punya pilihan kecuali penjadwalan dan reprioritisasi proyek-proyek besar kami.

Di tengah kondisi krisis apakah ekspansi usaha akan tetap dilakukan? Kalau ya bisa dijelaskan lebih lanjut ekspansi apa saja yang akan dilakukan di 2009?

Ekspansi usaha tetap dilaksanakan akan tetapi akan sangat selektif, terutama opportunities yang sangat menarik, yaitu proyek-proyek yang relatif low entry dan memiliki high upside potential.

Benarkah bahwa Medco bekerjasama dengan Grup Bakrie akan melakukan pengelolaan sumber gas alam di Selat Madura? Kalau ya sudah sejauh mana realisasinya?

Saat ini kami tidak memiliki kerjasama dengan group bakrie di selat Madura.

Bapak Arifin Panigoro, seperti kita tahu sudah sejak sekitar tahun 1998 mulai terjun ke dunia politik? Sepengetahuan Anda apa yang melatar belakangi keterlibatan beliau masuk ke dunia politik dan bagaimana tanggapan Anda?

Beliau adalah seorang yang sangat suka dengan tantangan, dan saya pikir tantangan itulah yang menariknya ke dunia politik di tambah lagi dengan idealism pak arifin yang selalu ingin melihat perubahan kearah yang lebih baik. Kalau menurut saya idealnya pengusaha tidak usah berpolitik apalagi di Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia . Karena kalau penguasa nya tidak satu partai dengan kita, apalagi kalau partai yang oposisi, bisa-bisa bisnis bisa ikut terganggu.

Apakah Anda tidak tertarik untuk mengikuti jejak kakak Anda terjun ke dunia politik? Mohon jelaskan alasannya?

Saya tidak tertarik di dunia politik untuk alas an yang seperti saya sampaikan tadi, bisnis dan politik sebaiknya tidak dicampur aduk. Idealnya kalau ada pengusaha yang terjun ke dunia politik apalagi memangku jabatan public, sebaiknya yang bersangkutan melepaskan seluruh kepemilikan usahanya sehingga tidak ada conflict of interest.

Strategi dan target apa saja yang hendak dicapai Medco pada 2009 apalagi di tengah kondisi krisis seperti sekarang?

Medco memiliki 7 proyek utama yang ingin di selesaikan dalam perioda 5 tahun kedepan, oleh karena itu focus kami adalah menyelesaikan seluruh komponen yang akan menunjang penyelesaian ke 6 proyek tsb sesuai waktu dan anggaran. Mochamad Ade Maulidin (ademaulidin@wartaekonomi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar